Bermain Drum dan Membaca Not Drum

Posted: Desember 7, 2010 in Tentang Drum

Hi Drummerz Indonesia! Di artikel ini akan dijelaskan cara mudah untuk memulai permainan drum. Yup, playing drums is easy, but it’s hard to mastered it! Nah, jadi siapa bilang kalau main drum itu mudah? :)

Pertama, untuk memulai belajar main drum anda tidak perlu sebuah drum. Yang anda perlukan hanya duduk didepan komputer ini. Lho? Gimana cara? That’s easy!!! Buatlah delapan ketukan dengan tangan kanan anda, tapi bunyi hitungan adalah ” 1 and 2 and 3 and 4 and” (bahasa inggris). Pada setiap angka dan “and” yang anda sebutkan buatlah pukulan bersamaan dengan hitungan. Lakukan!
“one and two and three and four and”

Sudah? Nah, itu adalah ketukan 1/8. Ingat, 1/8.

Nah, sekarang buat ketukan dengan tangan kiri pada hitungan two dan four. Tangan kanan tetap membuat ketukan seperti yang pertama. 1 2 3 4… Mulai!
“one and two and three and four and”.
Sudah? mudahkan? Tapi itu belum semua… step terakhir adalah membuat ketukan dengan kaki kanan yang jatuhnya pada hitungan one dan three. Tapi lagi2 tangan kanan dan kiri tetap melakukan hal yang sudah anda lakukan tadi, kaki kanan tinggal memperkaya ketukan2 itu. 1 2 3 4… mulai!
one and two and three and four and….”
Wow! Selamat, anda sekarang sudah bisa dibilang seorang ‘drummer’. Tapi ingat, itu hanya permulaan. Untuk menguasai drum secara hampir menyeluruh anda setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 tahun, atau bahkan lebih. :)

Pada drumset nantinya, tangan kanan anda ditempatkan pada cymbal hihat (biasanya terletak pada sisi kiri anda) atau cymbal ride yang biasanya terletak di sisi kanan anda. Tangan kiri pada snare drum yang sudah pasti terletak diantara kaki anda dan kaki kanan ditaruh diatas pedal bass drum. Dan anda tinggal melakukan pukulan2 itu dan sambung pukulan itu sehingga membentuk beat yang panjang. Menyambung pukulan2 itu mudah, ketukannya akan menjadi…
one and two and three and four and one and two and…. dst”

Pelajaran ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran-cepat dari semua drum simbol notasi yang digunakan pada website ini. Anda dapat menganggap halaman ini sebagai kunci-drum atau legenda untuk semua suara yang berbeda set drum yang Anda bermain dalam ketukan, mengisi, dan pola solo. Anda dapat merujuk kembali ke halaman ini jika Anda pernah yakin tentang apa yang akan dimainkan dalam latihan lembaran musik tertentu.

Biar ngga pada bingung ini gue share dari utube aja, tapi jangan cape liatnya emang dari dasar banget ini video tapi kalau ngikutin pasti bisa ko chekidot! :D

About these ads
Komentar
  1. adiv mengatakan:

    saya suka,,,bs ajarin ga cara bermain yg bnr

  2. khoirul mengatakan:

    gak paham…..

  3. jacobmilanisti mengatakan:

    drumlovers

  4. aji mengatakan:

    saya masih bingung cara membaca not pada drum,….?

  5. vhyien mengatakan:

    q dah lumayan bisa baca not,.. tapi masih agak bingung,.. ada beberapa hal yg q blum ngerti,.. bisa tolong kasih video cra bacanya ga ????

  6. benie k mengatakan:

    ngedrumnya bisa tapi gk bsa bca not nya gmna ????

  7. Putra18 mengatakan:

    Aslinya gampang kok baca not balok…

  8. hendra sitinjak mengatakan:

    trima kash atas pnjelasannyag

  9. melandro mengatakan:

    seep..

    cara ngajar kk kren..
    bisa d mengerti…

    (Y)

  10. makasih, ini bermanfaat banget deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s